You are currently viewing 5 Fitur Keselamatan Ekstra di Toyota Raize 1.0T GR Sport TSS

5 Fitur Keselamatan Ekstra di Toyota Raize 1.0T GR Sport TSS

Salah satu catatan menarik yang ada pada peluncuran Toyota Raize untuk pasar Tanah Air adalah harga terjangkau untuk fitur mewah Toyota. Ya, fitur yang sebelumnya hanya ada di model-model premium milik Toyota yang dimaksud adalah Toyota Safety Sense. Seperti yang diketahui, fitur ini hanya ada di Alphard, Camry, Corolla Altis atau Corolla Cross saja. Penasaran dengan apa yang ditawarkan oleh fitur keselamatan ekstra ini?

Sekilas Tentang Toyota Safety Sense di Raize 1.0T GR Sport TSS

Perlu Anda ketahui bahwa, fitur premium ini tidak tersedia di semua tipe Toyota Raize yang dibawa ke pasar Indonesia. Dengan kata lain, hanya Raize 1.0T GR Sport TSS saja yang memiliki akses ke teknologi canggih dari Toyota tersebut. Namun demikian, semua varian mobil ini masih dibekali dengan fitur keselamatan mulai dari rem ABS (Anti-lock Braking System), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, Alarm dan Immobiilzer.

Jadi bisa dikatakan bahwa fitur bawaan dari mobil ini sendiri sudah terbilang lengkap dan canggih. Misalnya VSC untuk mencegah roda selip dan HAS yang memudahkan berkendara di jalan menanjak. Ada pula dual airbags untuk tipe G dan GR Sport, sementara Toyota Raize tipe 1.0T GR Sport TSS memiliki 6 airbags plus Toyota Safety Sense. Lebih jauh, berikut penjelasan singkat dari fitur keselamatan ekstra ini:

  1. Pre-Collision System (PCS)

Bisa dikatakan bahwa ini adalah fitur yang paling krusial dengan kinerja yang menggunakan sensor radar dan sensor kamera untuk mendeteksi adanya obyek di depan mobil. Sistem akan memberi peringatan dini untuk segera mengambil manuver menghindar atau pengereman. Tak hanya sampai di situ, PCS juga bisa mengambil alih secara otomatis untuk mencegah kecelakaan apabila pengemudi terlambat mengambil manuver. Tentunya ini bisa jadi fitur penting untuk mobil Raize Anda.

  1. Adaptive Cruise Control (ACC)

Fitur ini merupakan pengembangan dari Cruise Control yang dapat meringankan kerja pengemudi ketika melaju secara konstan, seperti saat di jalan tol misalnya. Fitur ini tak hanya mengambil alih pedal gas dan rem secara otomatis saja, tetapi juga aktif memantau adanya kendaraan lain di depan mobil sambil mempertahankan jarak aman. Fitur ini juga mampu mengenali marka jalan yang membuatnya mampu mengetahui jika ada mobil yang tiba-tiba masuk ke jalurnya.

  1. Lane Departure Alert (LDA) with Steering Control

Fitur Lane Departure Alert (LDA) menggunakan sensor dan kamera untuk mengenali marka jalan. Fungsinya untuk memberi peringatan untuk mengoreksi posisi kemudi. Namun jika pengemudi gagal melakukannya, fitur yang juga didukung oleh Steering Control ini akan melakukan koreksi kemudi secara otomatis. Dengan begitu, fitur ini dapat menekan kecelakaan yang mungkin terjadi karena pengemudi yang mulai mengantuk atau sering mengalihkan pandangan, ke layar smartphone misalnya. Sehingga, Anda yang tersadar bahwa mulai mengantuk, bisa meminggirkan mobil Raize kesayangan Anda untuk beristirahat.

  1. Rear Cross Traffic Alert (RCTA) & Blind Spot Monitor (BSM)

Rear Cross Traffic Alet (RCTA) menggunakan sensor untuk membantu mengenali obyek atau kendaraan lain yang mendekat di belakang dari samping. Sistem ini memudahkan Anda saat menggerakkan mobil mundur dan tiba-tiba ada kendaraan yang melintas. Sementara Blind Spot Monitor (BSM) akan memberi peringatan visual maupun audio untuk mengetahui adanya obyek lain atau kendaraan yang mendekat dari area blind spot di sisi samping. Fitur ini memang bisa sangat berguna saat Anda ingin pindah jalur.

  1. Pedal Missoperation Control

Fitur ini bekerja untuk mendeteksi bagaimana pengemudi menginjak pedal gas. Sistem bekerja dengan mengendalikan aliran tenaga ke roda saat mendeteksi ada kesalahan saat pengemudi menekan gas. Fitur ini mencegah terjadinya kecelakaan dikarenakan pengemudi yang menginjak gas terlalu dalam. Sistem dapat mendeteksi perlu atau tidaknya mobil mengeluarkan tenaga ekstra atau tidak.

Misalnya, saat Anda akan memarkir mobil di lantai atas. Ketika memundurkan mobil ke posisi parkir, Anda tak sengaja menginjak pedal gas terlalu dalam. Tanpa sistem penunjang keselamatan, mobil mungkin langsung terjun bebas. Nah, mencengahnya, fitur ini akan memberi peringatan lalu menahan laju mobil Raize Anda dengan membatasi distribusi tenaga ke roda.

Akhir Kata

Itulah fitur keselamatan bawaan dan penjelasan tentang 5 fitur Toyota Safety Sense yang ada di Raize 1.0T GR Sport TSS. Harus diakui, fitur canggih yang dihadirkan pada SUV compact di kelas tertingginya ini memang layak untuk dipertimbangkan. Walau begitu, fitur bawaan yang ada di tipe lain juga sudah cukup mumpuni untuk diandalkan.